Kementerian Agama Republik Indonesia
KOPERTAIS WILAYAH X JAWA TENGAH
Search

Berita
20 Februari 2018 | 09:55 wib Home » Berita » Detail

Mahasiswa STAIBN Tegal Gelar Seminar dan Pengobatan Gratis

image

Foto: Dokumentasi STAIBN Tegal

Kopertais Wilayah X - Bertempat di Balai Desa Bulakwaru Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal, Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Bakti Negara (STAIBN) Tegal yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mengadakan Kegiatan seminar kesehatan yang bertema Antisipasi Penyakit Menular TBC”.

Acara yang digelar pada Sabtu (17/2) dari pukul 08.00 WIB sampai jam 11.00 WIB berjalan dengan lancar. Warga terlihat antusias. Dari perkiraan 130 peserta melonjak sekitar 150 peserta yang hadir. Selain itu, acara ini, dihadiri oleh pemerintah desa, LPMD, LPD, PKK, BPD, ketua RW, ketua RT, Karang Taruna dan masyarakat umum baik lansia maupun remaja.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Bulakwaru, Rokhidin menyampaikan terima kasih kepada Mahasiswa-mahasiswi KKN STAIBN Tegal yang telah mengadakan acara ini. Ia sangat mengapresiasi dan menghimbau kepada warganya untuk selalu menjaga kesehatan, karena cuaca yang tidak menentu.

Seminar kesehatan ini merupakan kerja sama dengan Puskesmas Kecamatan Tarub. 

Camat Tarub, Bukhori, mengapresiasi kegiatan seminar ini. Ia juga menghimbau agar kegiatan ini tidak berhenti di sini saja, dalam arti selagi mahasiswa KKN masih di Bulakwaru untuk ikut serta mengawal dan memberi penyuluhan kepada masyarakat Bulakwaru.

Disamping acara seminar, acara ini diadakan periksa gratis oleh Petugas Kesehatan Puskesmas Kecamatan Tarub, diantaranya pemeriksaan berat badan, cek tensi darah, cek golongan darah dan cek gula darah. Cek golongan darah bertujuan untuk mendukung kegiatan perbankan darah di Kecamatan Tarub.

Di tempat pelaksanaan, Koordinator Desa (Kordes) KKN wilayah Desa Bulakwaru, Moh. Aizami Nuzul, mengatakan tujuan diadakannya seminar kesehatan ini adalah agar masyarakat tahu akan penyakit menular, tahu bahayanya, tahu pencegahannya, dan tahu pegobatannya. Karena setelah dilakukan observasi beserta rekan KKN dan Pemerintah Desa, Bulakwaru termasuk daerah endemis penyakit menular.

Terlebih di daerah Dukuh Kesambi yang terpisah dari pusat pemerintahan desa Bulakwaru. Sebagai perguruan tinggi Islam, kami harus mampu melakukan kontekstualisasi pesan-pesan agama sebagai bentuk ibada. Termasuk acara penyuluhan dan pengobatan gratis ini, bagi kami adalah ibada, papar Aizami.

Sementara itu, Zaki Mubarok, Kepala Lembaga Penelitian Penerbitan dan pengabdian Masyarakat (LP3M) mengatakan bahwa menjaga kesehatan merupakan salah satu implementasi dari kewajiban hifdzun nafsi. 

Warga Indonesia, kata Zaki, harus sehat jiwa raga. "Dan mahasiswa yang sedang KKN telah melakukannya. Meski dalam ranah yang kecil, satu desa. Bagi kami ini membanggakan," terangnya mantap.  

Di akhir acara diadakan pengundian doorprize dengan hadiah yang menarik dengan berjumlah sekitar 25 item. 

Sumber: PTKIS

( Zaki Mubarok )

UPDATE

25 Mei 2018 | 09:28 wib

Direktur Pendis: Bantuan Sarpras Harus Dukung Akreditasi PTKIS

image Jakarta—Bantuan sarana dan prasarana pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) harus mendukung untuk penguatan…


16 Mei 2018 | 14:27 wib

Era Industri 4.0, Madrasah Harus Tanggap Internet

image kebumen, kopertais10 - Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah (GTKM) Kementerian Agama RI, Prof Suyitno, menyampaikan…


16 Mei 2018 | 02:31 wib

420 Mahasiswa Unisnu Jepara Diwisuda

image Jepara - Sebanyak 420 mahasiswa dari lima fakultas dan program pascasarjana Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara…


02 Mei 2018 | 02:24 wib

UMS Sambut Kedatangan Grand Syekh Al Azhar

image Boyolali - Mahasiswa dan sivitas akademika Universitas Muhammadiyah Solo (UMS) menyambut kedatangan Imam Besar (Grand Syaikh)…


26 April 2018 | 10:36 wib

Kuliah Umum STAINU Temanggung: Persaingan Usaha di Indonesia

image TEMANGGUNG - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) RI mengajak semua mahasiswa-mahasiswi STAINU Temanggung untuk melawan…


KEMENTERIAN AGAMA RI «   

UIN WALISONGO «   

© 2016 Kopertais Wilayah X Jawa Tengah Kontak
Gedung Kopertais Lt.2, Kampus UIN Walisongo
Jln. Walisongo 3-5, Semarang 50185
Telp/Fax: (024) 7604554 / (024) 7601293