Kementerian Agama Republik Indonesia
KOPERTAIS WILAYAH X JAWA TENGAH
Search

Berita
14 April 2017 | 08:27 wib Home » Berita » Detail

138 Kaprodi Gelar Workshop Penguatan Kurikulum Kendali Mutu

image

Foto: Istimewa

TEMANGGUNG, Guna meningkatkan mutu kurikulum Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta, Kopertais X bersama 42 pergurun tinggi keagamaan islam menggelar Workshop Penguatan Program Studi PTKIS.

Workshop yang dilaksanakan di Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Temanggung, pada Kamis (13/4/2017) , dihadiri oleh 138 Kepala Program Studi yang terbagi dalam 12 program studi.

Dr H Ahmad Mufrod Teguh Mulyo, ketua Forum PTKIS Kopertais Wilayah X Jawa Tengah menyampaikan, bahwa kualitas kurikulum di PTKIS harus ditingkatkan. Menurutny, peningkatan kurikulum saat ini harus melalui kendali mutu.

Selain itu, kata Mufrod, kurikulum yang sudah berjalan saat ini harus direview kembali dan harus disesuaikan dengan kurikulum kendali mutu.

“Diharapkan dari pertemuan ini, nantinya ada standarisasi kurikulum PTKIS di lingkungan Kopertais Wilayah X Jawa Tengah” kata Mufrod.

Sementara, Dr H Hasyim Muhammad, Sekretaris Kopertais Wilayah X Jawa Tengah, dalam sambutannya mengatakan bahwa, kegiatan workshop ini bermula dari workshop di Solo pada awal 2016 lalu terkait mata kuliah kendali mutu.

Selain itu, transkrip nilai di PTKIS Kopertais Wilayah X Jawa Tengah tidak ada yang sama, karena belum memiliki standarisasi.

Hasyim mengatakan bahwa, diharapkan dalam proses penyusunan kurikulum berbasis kendali mutu harus melibatkan semua dosen mata kuliah. “Jadi tidak hanya Kaprodinya yang menyusun kurikulum,” ujar Hasyim.

Selain itu, lanjut Hasyim, bagi prodi baru diharapkan dalam proses penyusunan kurikulum bisa langsung menerapkan kurikulum kendali mutu.

(Rosikhan)

 

 

Sumber: Kopertais Wilayah X

( Rosikhan )

UPDATE

25 Mei 2018 | 09:28 wib

Direktur Pendis: Bantuan Sarpras Harus Dukung Akreditasi PTKIS

image Jakarta—Bantuan sarana dan prasarana pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) harus mendukung untuk penguatan…


16 Mei 2018 | 14:27 wib

Era Industri 4.0, Madrasah Harus Tanggap Internet

image kebumen, kopertais10 - Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah (GTKM) Kementerian Agama RI, Prof Suyitno, menyampaikan…


16 Mei 2018 | 02:31 wib

420 Mahasiswa Unisnu Jepara Diwisuda

image Jepara - Sebanyak 420 mahasiswa dari lima fakultas dan program pascasarjana Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara…


02 Mei 2018 | 02:24 wib

UMS Sambut Kedatangan Grand Syekh Al Azhar

image Boyolali - Mahasiswa dan sivitas akademika Universitas Muhammadiyah Solo (UMS) menyambut kedatangan Imam Besar (Grand Syaikh)…


26 April 2018 | 10:36 wib

Kuliah Umum STAINU Temanggung: Persaingan Usaha di Indonesia

image TEMANGGUNG - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) RI mengajak semua mahasiswa-mahasiswi STAINU Temanggung untuk melawan…


KEMENTERIAN AGAMA RI «   

UIN WALISONGO «   

© 2016 Kopertais Wilayah X Jawa Tengah Kontak
Gedung Kopertais Lt.2, Kampus UIN Walisongo
Jln. Walisongo 3-5, Semarang 50185
Telp/Fax: (024) 7604554 / (024) 7601293