Kementerian Agama Republik Indonesia
KOPERTAIS WILAYAH X JAWA TENGAH
Search

Berita
17 Maret 2017 | 10:40 wib Home » Berita » Detail

Mahasiswa KKN STAIBN Gelar Seminar Deradikalisasi

image

Foto: Humas KKN STAIBN Tegal

TEGAL, suramerdeka.com – Terdorong oleh keprihatinan akan situasi radikalisme, Koordinator Kecamatan KKN STAIBN TEGAL mengadakan seminar yang bertajuk “Bergerak Bersama Rakyat Menangkal Radikalisme”, Kamis (16 Maret 2017. 

 Bertempat di Pendopo Kecamatan Warureja, seminar ini dihadiri mahasiswa KKN, Danramil Warureja, Sekcam Warureja, Tokoh masyarakat dan tokoh pemuda dari organisasi pemuda yg ada di Kec. Warureja di bawah naungan KNPI.

 “Berangkat dari keprihatinan tentang kondisi negara, yang menampakkan  ancaman diintegrasi. Ini alasan utama kami," ungkap koordinator acara Moh Naenul Rizqoni.

 Rizkon menjelaskan, seminar ini merupakan bagian integral dari misi utama KKN STAIBN Tegal yang bertema "Deradikalisasi Agama dalam Konteks Lokal". 

 Dalam seminar ini menghadirkan stake holder dari tingkat kecamatan, Koramil Warureja yang diwakili oleh Danramil Kapten Radiyono, Camat Warureja  yang diwakili oleh Skretaris Kecamatan  Giarto, Ketua MWC NU Warureja Riswo MSi, Ketua PK KNPI Warureja Sahru Romadhon dan Tak lupa pula Segenap Tokoh Pemuda se-KecamatanWarureja.

 “Atas kerjasama dengan PK KNPI kita bisa menghadirkan tokoh pemuda se-KecamatanWarureja dan sekarang siap terus menangkal radikalisme dan ancaman disintegrasi di dalam tubuh NKRI," lanjut Rizkon.

 Selain itu, Kapten Radiyono berharap tokoh masyarakat dan pemuda bisa membantu dalam mengubah pola pikir masyarakat, terkait situasi yang melanda saat ini. Menurutnya, semangat toleransi harus terus dipompa. 

 “Dengan adanya kegiatan ini masyarakat, tokoh pemuda beserta alim ulama bersama-sama dengan TNI membantu mengubah mindset masyarakatnya. Sehingga mendukung kita, bukan sebaliknya,” ucapnya.

 Begitu pula dengan Riswo yang sangat mendukung acara ini. Bahkan ia menyarankan agar kegiatan serupa sering-sering dilaksanakan dan ditindaklanjuti atau diaplikasikan di desa-desa.

 “Saya kira walaupun Warureja termasuk daerah Islam masyarakat yang moderat. Bukan berarti tidak ada elemen-elemen (radikalisme) itu. Biasanya itu justru banyak dan itu biasanya lebih menonjol dan lebih keras. Makanya harus sering ngadakan yang seperti ini,” pungkasnya.

 Pada akhir seminar ditutup dengan Closing Statemen oleh Sahru Ramadon selaku Ketua PK KNPI Warureja Yang pada intinya tentang Mahasiswa dan pemuda harus bisa mengamalkan nilai nilai Tri darma Perguruan tinggi. Baginya, mahasiswa hadir sebagai kontrol di masyarakat atau meneliti gejolak yang timbul di masyarakat serta penolakan terhadap berbagai aksi radikalisme dan kembali pada nilai-nilai kebangsaan yang cinta damai. 

 Terpisah, Zaki Mubarok MSI, selaku panitia juga menegaskan bahwa kehadiran mahasiswa STAIBN di Warureja untuk melaksanakan KKN sebagai ejawantah dari tri dharma perguruan tinggi. "Mengabdikan diri sebagai penjaga moderasi, toleransi, kerukunan serta membangun kekuatan desa dalam menjaga kedaulatan NKRI adalah prinsip yg dijunjung tinggi STAIBN" pungkasnya. 

 (HUMAS KKN)

 

 

Sumber: PTKIS

( Admin )

UPDATE

25 Mei 2018 | 09:28 wib

Direktur Pendis: Bantuan Sarpras Harus Dukung Akreditasi PTKIS

image Jakarta—Bantuan sarana dan prasarana pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) harus mendukung untuk penguatan…


16 Mei 2018 | 14:27 wib

Era Industri 4.0, Madrasah Harus Tanggap Internet

image kebumen, kopertais10 - Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah (GTKM) Kementerian Agama RI, Prof Suyitno, menyampaikan…


16 Mei 2018 | 02:31 wib

420 Mahasiswa Unisnu Jepara Diwisuda

image Jepara - Sebanyak 420 mahasiswa dari lima fakultas dan program pascasarjana Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara…


02 Mei 2018 | 02:24 wib

UMS Sambut Kedatangan Grand Syekh Al Azhar

image Boyolali - Mahasiswa dan sivitas akademika Universitas Muhammadiyah Solo (UMS) menyambut kedatangan Imam Besar (Grand Syaikh)…


26 April 2018 | 10:36 wib

Kuliah Umum STAINU Temanggung: Persaingan Usaha di Indonesia

image TEMANGGUNG - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) RI mengajak semua mahasiswa-mahasiswi STAINU Temanggung untuk melawan…


KEMENTERIAN AGAMA RI «   

UIN WALISONGO «   

© 2016 Kopertais Wilayah X Jawa Tengah Kontak
Gedung Kopertais Lt.2, Kampus UIN Walisongo
Jln. Walisongo 3-5, Semarang 50185
Telp/Fax: (024) 7604554 / (024) 7601293